Wednesday, March 23, 2011

Hari Ayah

Biar seimbang, kemaren kan saya udah nulis tentang Mama, sekarang saya mau nulis soal papa saya aaah... eiyaa,,tapi sebenarnya Hari Ayah itu ada ga sih ya? kok ga fair rasanya ada hari ibu, tapi tidak ada hari ayah. :(

eniweeeii...saya tergerak untuk cerita tentang papa saya yang akhir akhir ini selalu bersama saya di hampir tiap ada kesempatan, pagi hingga larut malam menerjang macetnya kehidupan perlalulintasan jakarta. *tsaaah...

***

Papa saya orangnya humoris tapi kadang juga suka ngeselin sih...hehe. Dia itu hobi banget ngelawak, padahal kadang lawakannya ga ada lucu lucunya. 

Papa saya suka gonta ganti perbendaharaan kata, kayak 'bed cover' jadi 'bet kamper', bilang merk mobil 'terios' jadi 'teroris', yang paling aneh dia panggil teman saya 'cipy' jadi 'cipika cipiki'. 

(=______________=)'

garing banget deh dia.

***

Papa saya itu perutnya buncit banget, badannya cukup tinggi untuk postur bapakbapak pada umumnya. Kumisnya tebal, mukanya agak galak. Padahal kalo diliat liat, dia lebih mirip charlie chaplin yang lucu dibanding mafia mafia di film The God Father loh. Herannya hampir semua temanteman dan priapria yang saya ajak ketemu papa saya kesan awalnya selalu, "bokap lo galak yah fik." Mungkin efek kumisnya yang dahsyat itu orangorang jadi berimajinasi yang seramseram.

Papa saya itu necis banget loh. Selalu concern sama apa yang dia pakai, ga mau bajunya lecek, atau celananya ngegantung, dan selalu menjejerkan koleksi dasinya di kasur untuk di matching-in sama baju yang akan dia pakai sambil nanyananya pendapat mama saya atau saya. Dia juga selalu wangi dan pake jel rambut setiap habis mandi. Dulu waktu masih kecil, saya suka berangan angan, pengen nantinya punya suami yang wanginya kayak papa saya. Eh,sampe sekarang juga masih berharap begitu sih. hehe.

***

Waktu kecil, saya sering banget berantem sama anak lakilaki. Bahkan pernah ditonjok sampe tulang hidung saya patah dan berdarah waktu SD. Trus papa saya selalu belain saya, selalu bilang, "anak pemberani ga boleh cengeng." Beda banget sama mama saya yang selalu khawatir dengan kenakalan kenakalan saya, tapi kalo papa saya selalu berpendapat, "anak yang nakal itu sebenarnya anak yang kreatif." hahahaha...padahal keseringan saya yang cari garagara duluan. Saya pengen banget bisa kayak papa saya. Sampe sampe dulu saya suka  solat pake sarung sama peci ngikut ngikutin papa saya, karena saya suka jadi lakilaki. Soalnya waktu kecil, saya selalu menganggap semua lakilaki itu sekeren papa saya. Ternyata tidak, papa saya tetap yang paling keren sedunia. ;p

***

Dulu, waktu saya menstruasi pertama, saya takut banget bilang bilang ke papa saya. Soalnya saya merasa saya benarbenar perempuan, dan tidak lagi sekeren dia (dulu saya memang tomboy banget dan merasa saya adalah lakilaki). Saya jadi segan mau main mainan smack down lagi sama dia. Padahal dari dulu hobi banget main begituan sama kakak dan adik saya. Sepertinya papa saya mencium gelagat saya saat itu, makanya saya ingat katakata dia begini, "kamu itu sekarang udah dewasa tandanya. dan menjadi perempuan itu sungguh mulia."

***

Ketika pertama kali saya memutuskan pergi ke sekolah memakai jilbab, dimana waktu itu mama saya menentang keras keputusan saya dengan alasan kalo saya cuma bongkar-pasang dan menyuruh saya untuk puas-puasin dulu masa muda saya, papa saya justru mengacungkan jempol kepada saya, dan sambil berkaca kaca bilang begini waktu mengantar saya ke sekolah, "doa anak yang solehlah yang nanti bisa bantu papa selamat dari api neraka". Saya pengen nangis deh waktu dia bilang begitu. Soalnya, papa saya itu apa apa selalu kompak sama mama saya, apalagi kalo lagi marahin saya. Dua duanya pasti jadi duo serasi, jarang banget silang pendapat. Nah, ini buat saya terheran heran saat itu sekaligus memotivasi saya. Soalnya saya mau jadi anak yang bisa menjadi penyelamat papa saya di akhirat. Dia lah orang pertama yang menguatkan saya untuk istiqomah dengan jilbab saya.

***

Papa saya setia banget nemenin saya nonton konser jazz. Saya sangat tergila gila dengan musik jazz, apalagi yang ada Tompinya, saya pasti ngerengek rengek minta dibeliin tiket dan ditemani nonton sama papa saya. Dan dia selalu mau. Tiap weekend juga dia paling setia nemenin saya nonton film film terbaru yang ada di bioskop. Makanya saya selalu bilang ke temanteman saya, kalo pacar sejati saya ya papa saya. Soalnya dia yang paling sering menemani saya kemanamana.

***

Papa saya orang pertama yang mengajarkan saya dan kakak saya belajar bahasa Inggris. Orang yang paling saya andalkan untuk bantu saya buat pidato bahasa Inggris waktu lomba di SMP dan berhasil menjadi juara pertama, meski tidak ada piala sebagai bukti keberhasilan saya saat itu. Dia juga orang pertama yang mengajari saya dan kakak saya untuk belajar menyetir mobil. Meskipun dia galak, tapi sebenarnya dia melatih mental saya untuk siap dalam kondisi apapun di jalanan yang kian biadab. hahaha.

***

Papa paling suka menemani saya ikut perlombaan ini-itu waktu kecil. Mulai dari lomba menggambar sampe lomba menghias sepeda. Hampir tiap agustusan, papa selalu menemani saya ikutan lomba menggambar, yang malam sebelum hari H-nya selalu bikin kursus menggambar, biar saya tidak kehabisan ide waktu perlombaan dimulai. Tapi saya memang tidak sehebat adik saya yang selalu juara, saya cuma tim hore hore saja, tapi dia tidak pernah mengecilkan semangat saya.

Papa saya orang pertama yang selalu menawarkan jasa 'membantu' tugas tugas kuliah arsitektur saya. Pernah suatu malam dia ikutan begadang membantu saya membuat gambar perspektif pos satpam lengkap dengan rendering nya. Dan selalu bilang, "dari dulu citacita papa pengen jadi arsitek sebenarnya." Saya terharu sekali deh saat itu. Soalnya waktu awal awal masuk jurusan arsitektur, saya hampir mau menyerah dengan tugas tugas yang bejibun dan belum lagi soal intimidasi dari para seniorsenior. Sikapnya itu membuat saya merasa didukung penuh terjun di dunia ini secara total.


Entah kenapa dari saya SMP, SMA sampe Kuliah, seniorsenior perempuan selalu jahat sama saya. Waktu SMA saya pernah dilabrak ramai ramai sama beberapa seniorsenior perempuan yang gayanya sok asik gara gara saya katanya ga mau diajak kenalan sama senior lakilaki, yang katanya saya sok jual mahal lah, sok kecakepan lah, haaah...sampe capek saya. Pernah juga saya diancam dikeroyok ramairamai di Persita oleh mereka, dan waktu itu saya cerita ke papa saya, dia malah bilang, "ini kesempatan kamu mempraktekkan ilmu karate dan pencak silat kamu"

(=______________=)'

kayaknya dia benarbenar mengira saya jagoan deh.

Waktu saya ceritakan betapa saya sering dicegat sampe malam oleh seniorsenior di kampus saya garagara katanya bulu mata saya terlalu lentik (apa coba??ga banget kan alesan alesan mereka), suka ditampar garagara muka saya katanya jutek sama senior, bahkan digepulkan asap rokok mereka biar katanya muka saya jadi item dan makeup saya luntur (padahal memakai bedak aja engga!), papa saya malah bilang gini, "Aaah...biasa itu. untuk melatih mental kamu." padahal yang saya harapkan saat itu dia membela saya dan khawatir dengan keadaan saya di kampus. Eh, ternyata tidak sama sekali. Rasanya dia benar benar yakin anaknya tidak akan secengeng itu, jadi tidak perlu dibela. hahahahaa.

***

Papa orang yang selalu tau kapan saatnya memberi nasihat (biasanya pagipagi ketika abis bangun), soalnya dia tau kalau saya ditegur saat itu juga, pasti saya akan ngedumel dumel.

Papa itu pengetahuannya luas sekali. Saya tanya apapun, dia selalu punya jawabannya. Kadang saya berpikir, mungkin ada buku pintar dalam kelopak matanya, jadi setiap saya tanya apa, dia tinggal kedip, terus jawaban langsung muncul. hehe.

***

Papa saya royal sekali, selalu menawarkan saya beli tas, sepatu, baju baru tiap ke mol, padahal dia sendiri baju nya yang ituitu aja, sampe saya bosan liatnya. Itulah dia, lebih banyak memberi daripada menerima.

Papa saya paling ga bisa liat orang susah dikit aja yang datang ke rumah. Apa apa pengen dia sedekahin ke orang orang, sampe sampe mama saya suka marah garagara dia terlalu gampang kasih ini-itu kepada orang susah, yang kata mama saya, tidak mendidik namanya. Tapi saya selalu mendukung apa apa yang papa saya kerjakan. Saya memang betul betul anak papa rasanya.

***

Papa saya adalah imam dan pemimpin yang amanat. Waktu kecil saya sering berdoa supaya papa saya jadi presiden, biar semua rakyat bahagia. Tapi setelah besar, saya ganti doanya, soalnya saya ga tega kalo papa saya harus bertanggung jawab atas semua masalah masalah rakyat yang terlalu kompleks dan busuk.

***

Papa saya orang yang paling sering nanya, "duit kamu masih ada ga?"
Papa saya orang yang paling percaya bahwa omongan adalah doa.
Papa saya orang yang selalu semangat dalam bekerja dan disiplin dengan waktu.
Papa saya orang yang selalu gelisah kalau sudah adzan solat, tapi belum menunaikannya.
Papa saya orang yang hobi ngasih saya upah cabut uban sehelainya seribu. hehe.
Papa saya orang yang tidak pernah berhenti belajar dan menyukai tantangan.

Aaaahhh...
Sampe kapalan pun jari saya tak akan pernah selesai dalam menguraikan betapa hebatnya papa saya. Dan sepanjang apapun tulisan saya tidak akan pernah cukup mengungkapkan perasaan saya kepadanya.


Saya si anak papa,
hanya bisa berdoa untuk segala kebahagiaannya baik di dunia maupun di akhirat.


PAPA ADALAH PAPA PALING SEMPURNA YANG TUHAN ANUGERAHKAN KEPADA SAYA.

Saya selalu mengidolakannya dan menyayanginya...

kalaupun nanti saya tidak lagi mampu selalu di sampingnya,
saya tahu Tuhan pasti akan selalu ada untukNya..


Lots of love for U, dad!




(ditulis oleh Fika Lubis)

No comments:

Post a Comment